KATA GANTI ORANG KE 3

2 hari liburan kemarin saya memenuhi permintaan kedua orang tua saya untuk pulang ke sebuah kota di Jawa Tengah. Karena kebetulan liburan kali ini kami berkumpul disana. Tadinya saya sebelum memutuskan untuk pulang membuka-buka dulu buku agenda, saya melihat jadwal-jadwal yang akan saya lalui pada hari yang saya pilih untuk bertemu orang tua. Tapi saya fakir, pasti ibu dan bapak sudah sangat rindunya hingga sepertinya mereka sangat berharap sekali saya dan adek datang ke Semarang dan untuk semua perasaan rindu itu semua agenda rasanya masih bisa di kompromikan bahkan di cancel untuk yang tidak penting😀. Betapa tidak mereka rindu, kami adalah anak-anak mereka yang mereka asuh dan mereka didik, sepertinya sangat tidak baik jika sekarang di usia yang menjelang dewasa kami jadi jarang berkunjung ke mereka. Silaturahim ke orang tua adalah Agenda yang tidak akan pernah bisa terhapuskan. Ingat Ridho Allah ada pada Ridho Orang tua kita.

Sudah bisa di pastikan juga (insyaAllah) saya akan bertemu dengan 2 orang sepupu saya yang kebetulan juga kami bertetangga. Sebenarnya merekalah lebih tepatnya yang akan menunggu-nunggu kedatangan saya ke kota ini, kangen mungkin hehe… “Kak imay sich sibuk terus jadi jarang main ke sini” kadang kalau mereka udah mulai gemez dan sebel mereka akan bilang “eh salah kak imay yang sok sibuk teruuuus “ hehehe…. Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter, walaupun masih kelas 5 SD dan 1 SMP tapi mereka sudah terbiasa berfikir kritis Subhanalloh.. Angka 1 juga selalu menghias di raport mereka pada kolom ranking. Sampai saat ini… subhanalloh “semoga Allah SWT memberikan ilmu yang barokah. Amin”. Kami membiasakan selalu berdiskusi ketika memberitahukan sesuatu bukan dengan cara mendikte, jadi kami semua terbiasa di fahamkan tentang apa yang kami lakukan. Pernah suatu saat ketika sepupu saya memperhatikan saya yang selalu berkerudung, mereka akhirnya bertanya juga. “Kak, kenapa sich kerudungnya kok gak pernah di lepas?” iya, karena perempuan kalo udah gede (baligh-red) maka harus memakai kerudung. Saya berusaha menerangkan semudah mungkin agar dapat di fahami. Dan ditutup dengan pernyataan, upik dan uci kalo dah gede juga harus pake kerudung ya!!. Karena bagian tubuh wanita adalah aurat kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Bahkan untuk satu helai rambutpun adalah aurat jadi malu kalo kelihatan satu helai, terangku sambil berusaha menggambarkan betapa malunya ketika auratnya terlihat dengan ekspresi (yg sedikit di buat2) agar meyakinkan mereka bahwa aurat itu haruslah benar-benar sangat terjaga. Dan hasilnya…. Mereka sekarang juga menjadi penjaga untuk bisa saling mengingatkan bila (tanpa sengaja) ada aurat yang kelihatan. ”kak, itu rambutnya ada satu helai yang keliatan, sini uci bantu” hehe… akhirnya tangan kecil itu membantu memasukkan satu helai rambut ke kerudung. dan tugas saya adalah menjaga mereka juga, apalagi mereka masih sangat kecil, menjaga dengan aqidah dan pemikiran Islam.

Mobil adalah tempat yang paling asyik untuk diskusi, selain daripada menggerutu menghadapi kemacetan atau udara yg panas lebih baik mendiskusikan tentang segala persoalan dan berusaha mencari solusinya dengan Islam. karena saya yakin Islam adalah bukan sekedar agama tapi Islam is The Way of Life… ya Islam adalah jawaban atas segala persoalan yang ada, persoalan apapun!!. Ekonomi, bisa!, hukum, bisa!, pergaulan, bisa! Komplit dech… sueeerrr….. (2 minggu hehehe…).

Obrolan kami sampailah pada kondisi sekolah sepupu saya yang kelas 1 SMP. Dek, anak sekarang itu tambah parah lho, mungkin karena terlalu banyak nonton sinetron ya? Atau karena kontrol orang tuanya kurang bagus kata tante saya mencoba mengangkat pembicaraan. Masak di kelasnya Upik ada anak yang di tanyain sama gurunya…. ”coba kamu Ragil (bukan nama aslinya hehe… kaya koran kriminal ajah) apa kata ganti orang ketiga…tanya guru tersebut. Dan dengan mantap tanpa bersalah si Ragil menjawab, SELINGKUHAN bu!!!!!! Dan kontan saja seluruh kelas tertawa…. dan si Ragil yach cuek ajah dia merasa gak ada yang salah dengan jawabannya… saya yang mendengarkan cerita tantepun tertawa kecil sambil membayangkan suasana kelas pada waktu itu dan wajah si Ragil yang pasti cuek ajah… karena yang dia tahu (atau mungkin yang sering di dengar) adalah orang ke 3 itu ya SELINGKUHAN… apalagi sekarang memang di tengah-tengah pergaulan yang sudah tidak terjaga dan sudah tidak ada yang menjaga (negara-red) semakinlah manusia masuk ke dalam kondisi yang lebih rendah dari pada hewan. Naudzubillahi min dzalik…. tengok saja lagu yang sering di senandungkan anak2 besar (SMP, SMA, Mahasiswa), orang2 tua, bahkan sampai balitapun pada hafal lagu teman tapi mesranya punya di duo ratu yang sangat populer itu, lagu-lagu tentang perselingkuhan atau pacaran dan lain-lainnya sangat banyak di jadikan konsumsi hiburan tidak sehat oleh generasi sekarang. Apalagi berita-berita juga banyak yang menyuguhkan berita yang serupa, tentang perselingkuhan, penggerebekan tempat maksiat, dll. MasyaAlloh…. inilah ketika kontrol pribadi kita (iman pribadi) sudahlah lemah, masyarakat (iman komulatif) yang cuek saja dan negara yang tidak mau ikut campur… maka kerusakanlah yang akan terjadi dimana2…

Si Ragil apa kabar??? Dia tetap saja dengan ulahnya… suatu saat dia pernah di tunjuk membaca oleh gurunya. Gil, coba kamu sekarang yang membaca. Maka Ragil pun mulai membaca… se – ti – ap – ma – nu – si – a – ha – rus – lah – sa – ling – to – long me – no – long… Ragil!!!!! Teriak gurunya…. kamu dah bisa baca belum?… bisa bu, jawab Ragil sekali lagi dengan mantap. Saya sudah bisa membaca dari TK, ceritanya dengan bangganya. Tapi kenapa kamu bacanya lambat sekali, tanya gurunya penasaran…. karena saya memang tidak suka membaca cepat!! Jawabnya sekali lagi dan tetap dengan mantap.. memang si Ragil, si anak Komisaris Besar (KomBes) itu selalu saja buat ulah.

-selamatkan keluarga kita dan anak2 Islam dari sampah-sampah dunia-

About mei allif

Assalamu'alaikum... perkenalkan... saya adalah saudarimu. saya bersyukur sebagai hamba Allah SWT, dan menjadikan ridhoNya adalah kebahagian saya. Syahid adalah cita-cita saya tertinggi. dan melihat Kemulian/kemenangan Islam kembali menjadi penyejuk pandangan mata ini. semoga dlm blog ini qt dapat semakin mengikat ukhuwah islamiyah, dan menambah keilmuan qt juga saling mengingatkan "wa tawasaubil haq, wa tawasaubil sobr"
This entry was posted in curhat. Bookmark the permalink.

2 Responses to KATA GANTI ORANG KE 3

  1. scut says:

    ijo royo-royo…

  2. mei allif says:

    ho oh.. untuk olah raga mata… daripada cuci mata ngelihatin barang2 di mall terus jadi korban kapitalisasi, mending lihat websitenya di ijo-in.. dan isinya juga yang ijo-ijo…🙂

Leave a Reply

