Mineral Silenium Memperbaiki “Mood”

Perpustakaan emang tempat yang paling asyik buat nongkrong. Selain tempatnya yang tenang juga dikelilingi buku-buku yang buanyak…. Wuuuiiihhh seneeeeeeng😀

Jelajah perpustakaan kali adalah ke Perpustakaannya anak-ana Kedokteran. Sambil nyari bahan tuk referensi thesis aku smepetin juga baca-baca buku yang lain, lumayan jadi tambah ilmu so bisa jadi tambah Gaul tul gak ???

Kalian sering ngerasa ”bete” (bad in the mood) gak? Nah itu tandanya kamu kurang gizi hehehe…. Maksudnya ada yang kurang dari asupan gizi makananmu sehari-hari, antara lain mineral selenium.

Mood dikendalikan oleh sistem kerja otak. Kemampuan kerja otak sangat dipengaruhi oleh masukkan zat gizi yang diperlukan. Aneka zat gizi itu harus dipasok secara seimbang dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Salah satu zat gizi yang mempengaruhi mood adalah mineral silenium (Se).

Mineral silenium termasuk dalam kelompok zat gizi-mikro. Aduh apaan nich? Tenang… aku tahu koq kegundahan hatimu hehe.. J . begini zat gizi-mikro yaitu jumlah yang diperlukan dalam kadar mokrogram, namun perannya sangat besar dalam sistem kerja biologis tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, proses reproduksi, menjaga kesehatan otak, dan sebagai antioksidan. Nah loh..

Tentang zat silenium ini juga dah ada reserchnya loh, yang dilakuin di Amerika sono. Sampel yang paling rendah kadar Sileniumnya meunjukkan perilaku paling ”bete” seperti depresi, uring2an, dan suka marah-marah. hehe… lebih bete lagi kalo liat si Goorge W Bush presiden Amrik kalo dah ngacak-ngacak umat islam kalo lagi berkampanye kebohongan ”perang melawan teroris” J

Research yang kedua diberikan kepada 2 kelompok, kelompok I diberi diet rendah silenium dan kelompok II diberi diet tinggi silenium. HASILNYA : kelompok I mengalami ”bete” berat. Mereka umumnya banyak yang bingung, depresi, uring-uringan, pikiran mentok, tidak pede, dan tidak bergairah. Sedangkan kelompok II mood mereka lebih baik, mereka lebih gembira (elated), pikiran lebih jernih (composed), lebih ”plong” (clearheaded), mudah menerima(agreeable), lebih pede (confident), dan lebih bersemangat (energited). Hmmm… keliatannya pemerintaha Indonesia gak perlu kasih BLT dech cukup penuhi gizi rakyat Indonesia maka dijamin gak bakal ada yang uring-uringan lagi. Tapi satu lagi… gak berhenti cuma gizi cukup ajah, kalo orang2 masih dalam kerangka kapitalisme maka mana pernah cukup, karena sumber kebahagian dalam pandangan kapialisme adalah memperoleh materi sebanyak-banyaknya. JADI… singkirkan saja kapitalisme, ganti sengan cara pandang ISLAM yang juga bisa the way of life.

Nyari Silenium dimana??

Makanan sumber silenium umumnya adalah makanan yang tinggi kadar proteinnya. Seperti ikan (tawar, laut), kerang2an, daging ternak, telur dan ayam merupakan makanan yang kaya akan Silenium. sedangkan panganan nabati mempunyai kadar silenium yang rendah kecuali bawang putih, tomat, dan makanan fermentasi seperti tempe, tahu, ragi dan yougurt.

Namun mineral Silenium bukan segala-galanya dalam mepengaruhi mood. Perlu keseimbangan dengan zat gizi yang lainnya..

Hmm… keliatannya ada penelitian yang menarik nich… dua penelitian tentang silenium tadi kalo di bandingkan dengan kondisi qona’ah, dan sabar gimana yach?? Heheh…. ya udah kalo penasaran diteliti ajah J

About mei allif

Assalamu'alaikum... perkenalkan... saya adalah saudarimu. saya bersyukur sebagai hamba Allah SWT, dan menjadikan ridhoNya adalah kebahagian saya. Syahid adalah cita-cita saya tertinggi. dan melihat Kemulian/kemenangan Islam kembali menjadi penyejuk pandangan mata ini. semoga dlm blog ini qt dapat semakin mengikat ukhuwah islamiyah, dan menambah keilmuan qt juga saling mengingatkan "wa tawasaubil haq, wa tawasaubil sobr"
This entry was posted in khasanah ilmu. Bookmark the permalink.

3 Responses to Mineral Silenium Memperbaiki “Mood”

  1. wahyukresna says:

    pantas ya orang2 yang kurang mampu tampak muram, sedih, dan pilu… semoga kita diberi kelebihan dalam bersyukur…

  2. mei allif says:

    amin…
    iya sedih betul kalo lihat saudara kita yang kelaparan.. hiks..hiks..😥
    tapi jangan berhenti sampai bersedih saja harus ada langkah kita untuk perubahan.🙂
    salam kenal ya???

  3. wahyukresna says:

    😀 salam kenal juga Mbak Mei Alif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s