SUKA TIDAK SUKA

Dalam sehari-hari ada kejadian-kejadian yang menyenangkan ada juga kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan. Bagi orang-orang yang beriman, kebaikan maupun keburukan keduanya adalah dari AlLoh SWT, karena hanya Dia yang Maha Tahu apa yang terbaik bagi kita.. Ada beberapa hal yang dulu aku tidak suka sekarang mencoba menyukainya. Bukan untuk apa-apa, tapi sedang ingin melatih mencoba melihat dari sisi yang berbeda. Menyukai sesuatu yang dulu tidak kita sukai. Karena bisa jadi (mungkin pasti) kita akan menemui atau di temukan dengan beberapa hal yang tidak kita suka dan harus beradaptasi untuk terbiasa dengan hal tersebut. Sekaligus menambah wawasan dan tantangan dalam hidup agar lebih warna warni, tapi ingetloh hal-hal yang kita ingin coba melihat adalah masih dalam lingkaran yang benar (positif) tidak melanggar larangan AlLoh. Ini beberapa hal yng dulu aku tidak sukai sekarang mencoba hal-hal ini, mencoba melihat dari sisi yang berbeda

1. Sepak Bola

sepak-bolaDulu menurutku sepak bola adalah olah raga paling konyol, satu bola di rebutin banyak orang. Persis seperti para pemainnya yang juga banyak di kerubutin banyak orang, baik cowok maupun cewek. Para pemain dengan gaya hidup yang Glamour membuat aku sama sekali tidak menyukai olah raga ini. Saking gak familiarnya dengan sepak bola, satupun pemain aku gak tahu namanya apalagi club bola. aku hanya tau jumlah pemainnya yg 11 orang, itupun aku dapatkan dari pelajaran olah raga di kelas waktu SMA. Belum lagi jam tayang sepak bola yang seringnya tengah malam, menurutku mengganggu jam tidur. Berisik…. karena gak sukanya aku mencoba menyukai olah raga yang lain, yang sama sekali orang2 sangat sedikit yang melirik olah raga ini seperti sepak takraw dan anggar. Hehe…. gak ada alasan yang jelas kenapa aku memilih menyukai menonton olah raga ini kecuali karena emang gak banyak orang yang suka. Mungkin istilah strategi manajemennya sekarang aku lebih suka berada di wilayah Blue Ocean dari pada Red Ocean yang berdarah-darah🙂. Hingga suatu saat aku mencoba menyetel televisi tuk menonton pertandingannya. Awalnya sangat bingung tidak faham sama sekali, lama-lama lumayan juga. Tapi yang membuatku mulai menyukai sepak bola adalah karena ternyata olah raga ini dapat dimainkan oleh siapa saja. Anak kecil, dewasa, bahkan orang tua kalo kuat lari, oke2 ajah ikut main sepak bola. Secara permainan ini yg bukan kelas profesional tidak memerlukan skill yg khusus, cukup bisa nendang, lari dan ngoper. Alhasil aku mulai menyukai sepak bola terutama sepak bola kampung yang dimainkan oleh anak2. Lucu banget… sangat2 menghibur… melihat mereka semua tertawa dan ceria memainkannya. Rasa2nya aku juga ikut tertawa. Mungkin tidak seperti sepak takraw yang tidak semua orang bisa lincah memainkannya. Sepak bola ternyata bukan olah raga Glamour, dia olah raga yang merakyat banget, yang Glamour adalah para pemainnya yang telah berlimpah uang, hmm…. aku jadi teringat ayat AlLoh… ”bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk kedalam kubur ” (QS. At Takatsur 1-2)

2. Membaca Novel

Hmmm…. membaca novel adalah hal yang gak banget aku lakukan. Aku dah males membaca sesuatu yang tebal tapi gak ada isinya dan aku cuma di bo’ongin sama penulisnya. Dibawa hanyut dalam ceritanya. Menghabiskan berlembar-lembar bacaan sambil tiduran atau dengan penuh penghayatan membaca di kursi malas, menjadi tergantung karena akan muncul cerita sambungannya ketika novel tersebut laris. Pokoknya novel, komik dan cerita-cerita yg hanya isinya cerita engggaakk bangeeett….. Pernah waktu SMA aku disodori sebuah komik (ini komik pertama yang kubaca di kelas 3 SMA setelah ebtanas), karena sahabat2ku bete lihat aku yang gak pernah baca komik meskipun setelah ujian. Pergi ke peminjaman buku, aku malah mencari buku ”cara asyik mengerjakan fisika”, atau buku ”teka-teki ilmiah”…. kata mereka ’serius nih mei pinjem buku ini?, kita kan baru ajah selesai ujian?’ hehe… aku bukannya apa2… temen2ku semua anak2 yang pintar-pintar dan mereka bisa menikmati komik, sedangkan aku tidak suka membaca komik, dengan satu alasan aku gak tau cara membaca komik, cerita dialog yang di taruh dalam kotak-kotak yang tidak beraturan. Dan membuat aku pusing harus meilih kotak yang mana dulu yang aku baca?.. .. komik pertamaku berjudul ”My best friend my best rival”, ini komik yang terpilih menjadi komik pertamaku yang dipilihkan teman-teman, karena munurut mereka ceritanya ringan dan kotak2nya tidak terlalu berantakkan… Ternyata komik itu lucuuuu banget, dan kadang ada harunya juga hehheh…. jadi dech temen2ku keheranan ke esok harinya ketika aku minta di carikan komik satu lagi, dan mereka senyum2 karena sudah berhasil mempengaruhiku meninggalkan baca2anku yang menurut mereka enggak bangeeett di baca ketika refreshing. Sedangkan novel pertamaku Ayat-Ayat cinta. Hehehe… aku pertama kali memulai baca novel adalah ketika lulus kuliah. Dan tertarik ma novel ini karena dialog arabnya dan setting penggambaran mesir yang lumayan details. Ternyata ketika kita bisa menemukan cara menikmati sesuatu menjadi menarik juga ya…..

my-best-friend-my-best-rivalkomik pertamaku

aac

novel pertamaku

3. Memakan Junk Food

mie-ayam1Haha…. aku paling takut di ajak makan2an junk food alasannya cuma karena itu makanan bikin bodoh katanya loh (padahal kalo gak belajar khan sama ajah) plus makanan itu banyak mengandung kolesterol jahat dan lemak. Karena aku suka baca buku kesehatan jadinya semua makanan seperti monster. jadinya makan ini itu jadi serba banyak yang di khawatirkan. Aku kalo mau makan bakso misalnya selalu kubatasi, sebulan sekali atau 3 bulan sekali. Pokoknya jangan sering2 dah. Makan mie instant ini bisa 6 bulan sekali, itupun kalo mood datang tuk makan mie.. hihihi.. setelah difikir2 panjang ternyata penyakit gak datang dari makanan yg gak sehat ajah, tapi bisa juga karena linkungan junk-food2misalnya polusi. Yach… akhirnya aku mencoba gak apa2 makan2an junkfood, seperti mie ayam, bakso, burger, atau ayam goreng chrispy. Lagian temen2ku banyak yang santai ajah makan2an kaya gini. Paling ndak mencoba memakan, makanan yang jarang kita makan, ternyata punya citra rasa yang unik dan mempunyai perasaan yang unik juga, seperti sedang perang ketika memakannya, perang melawan sugesti dalam diri dan ketakutan, dan hasilnya satu mangkok mie ayam habis juga😀.

4. Nge-Laundry

laundry1Dulu aku paling kekeuh tuk gak loundry… sesibuk apapun aku pokoknya baju harus di cuci sendiri. Ternyata ketika thesis prinsip ku lumer udah… udah 7th gak laundry, ketika thesis makin keteteran … dan akhirnya ngeloundry juga dech sama ibu2 di sebelah kos. Selama 7thn gak pernah terpengaruh sama rayuan temen2 yg ngajak laoundry atau menyarankan loundry, tapi rayuan yg terakhir ini loh.. lumer juga akhirya dengan mengatakan… ”lumayan loh bisa bantuin keuangan ibu loundrynya”…. hmmm… bolehlah dan emang perlu juga loundry karena dah gak bisa kontrol lagi hehhe…. dan sekarang aku dah hampir 9 bulan laundry nich….

Itu dulu kali yach, daftar hal-hal yg dulu anti sekarang mencoba mempelajari atau melakukan… Kadang perlu loh kita mencoba sesuatu yg berbeda dengan kebiasaan kita sehari-hari, karena siapa tahu kita akan di hadapkan leh hal-hal yang tidak kita sukai, dan itu akan berlangsung dalam waktu lama dan kita mau gak mau harus bisa beradaptasi dengan kondisi itu. Tapi inget masih dalam koridor positif dan tidak di larang agama loh.. Kalo yg DILARANG AGAMA saran saya JANGAN COBA2!!…

by : mei


About mei allif

Assalamu'alaikum... perkenalkan... saya adalah saudarimu. saya bersyukur sebagai hamba Allah SWT, dan menjadikan ridhoNya adalah kebahagian saya. Syahid adalah cita-cita saya tertinggi. dan melihat Kemulian/kemenangan Islam kembali menjadi penyejuk pandangan mata ini. semoga dlm blog ini qt dapat semakin mengikat ukhuwah islamiyah, dan menambah keilmuan qt juga saling mengingatkan "wa tawasaubil haq, wa tawasaubil sobr"
This entry was posted in curhat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

