EMAIL TUK CHIEKO (MISYKAH) dan saudari2ku yg baru masuk ISLAM dan belajar berpuasa ^_^

sakura2

 

 

 

 

Assalamu’alaykum….

Chieko Kobayashi (Misykah) apa kabar??

Misykah jadikan ke Indonesia? Mei pasti akan senang sekali.

Misykah sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Kita sebagai orang Islam sangatlah senang menyambut bulan itu. Karena kita akan berpuasa 1 bulan penuh. Oia mei akan cerita kenapa kita sebagai orang islam senang akan datangnya bulan ramadhan karena dalam bulan ramadhan semua pintu neraka di tutup, syaithan di borgol tangan dan kakinya, dan pintu syurga akan di buka seluas-luasnya. Para malaikat sangat banyak di bumi, tugas para malaikat adalah meng’aminkan doa-doa orang islam. Sehingga doa pada waktu ramadhan insyaAlLoh akan terkabul🙂

Itulah mengapa ramadhan akan selalu kita rindukan. Dan ini adalah ramadhan pertama untuk misykah. Misykah pasti akan sangat senang sekali. Di dalam bulan ramadhan ada satu malam sangat luar biasa, nilai pahala di malam itu sama seperti kita beribadah 1000 bulan. Bayangkan misykah 1000 bulan x 30 hari = 30.000 hari. Jadi 1 malam itu nilainya sama seperti 30.000 hari. Kalo kita mendapatkan malam lailatul Qodr. Tentang lailatul qodar insyaAlLoh akan mei ceritakan pada email selanjutnya. Oke

Mei akan ajari misykah cara berpuasa ya…..

Miskah, kita berpuasa itu memenuhi perintah AlLoh SWT di al quran surat al Baqoroh ayat 183 yang artinya

”wahai orang-orang yang beriman telah di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu, suapaya kamu bertaqwa”

Jadi para nabi dan rosul juga orang-orang sholeh terdahulu juga berpuasa. Dan semua orang Islam di seluruh dunia juga berpuasa pada bulan ramadhan

Nah untuk memulai berpuasa ini langkah-langkahnya

1. Membaca niat berpuasa

Niat puasa :

BismilLahirrohmanirrohim. Nawaitu sauma qodin an a’dai fardhi syahri romadhona hadihist sanati lillahi ta’ala

Artinya : Aku Niat berpuasa fardhu di bulan Ramadhan hanya karena AlLah ta’ala.

Nah niat ini di baca di malam hari. Jangan sampai lupa membaca niat ya, karena setiap hari sebelum puasa kita harus membaca niat ini di malam harinya. Misal misykah akan berpuasa hari Senin, maka niat puasanya di baca minggu malam. Dan niat berpuasa harus (wajib) dibaca setiap malam sebelum berpuasa. Oke … kalo misykah tidak faham nanti tanya mei ya…

2. Sahur

Sahur adalah makan di waktu sebelum fajar (sebelum sholat subuh) kira2 jarak waktunya 1,5 jam sebelum sholat subuh. Kalo misalnya subuh itu jam 4.30 maka sahur kita lakukan jam 3 pagi

Kita boleh makan dan minum pada waktu ini untuk persiapan kita berpuasa pagi harinya. Sebaiknya jangan makan terlalu kenyang ya… yang cukup saja, kalo kekenyangan nanti malah sakit perut hehehe…..

3.  Setalah adzan subuh kita sudah tidak boleh lagi makan dan minum

Nah kalo Misykah denger Adzan subuh maka misykah sudah harus STOP untuk makan dan minum dan juga nyemil hehe. Saat inilah kita mulai berpuasa…🙂.

Berpuasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus tetapi juga menjaga ucapan kita untuk tidak marah-marah atau membicarakan orang lain, juga menjaga fikiran kita.

4. Berbuka Puasa dan jangan lupa membaca doa berbuka puasa.

Nah.. kalo adzan maghrib sudah berkumandang maka kita boleh untuk berbuka puasa. Kita minum yang maniz dulu. Kalo di Jepang ada kurma, sangat baik kalo Misykah berbuka dengan kurma, kalo tidak ada kurma dengan apapun boleh tapi lebih utama yang manis agar kondisi tubuh kita segera pulih kembali.

Oia jangan lupa baca doa berbuka puasa :

Doa berbuka puasa :

BismilLahirrohmanirrohim. Allahuma lakasumtu wabika amantu wa ’ala rizqika afthortu birahmatika ya arhaman rohimin

Artinya : dengan menyebut nama AlLoh. Ya AlLoh karenaMu aku berpuasa dan denganMu aku beriman, karena rezki dariMu kami berbuka dengan RahmatMu wahai yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

5. Nah, ada sholat sunah yang hanya dilakukan di bulan ramadhan, namanya sholat tarawih. Nanti insyaAlLoh tentang sholat tarawih mei emailkan terpisah ya…. sholat tarawih dilakukan setelah sholat isya Miskah.

Dan puasa itu untuk 1 bulan😀

Puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib, dan bila tidak di kerjakan maka akan mendapat Dosa. Tidak ada yang mendapat kelonggaran kecuali anak yang masih kecil. Orang yang sudah sangat tua juga wajib berpuasa tapi untuk yang sudah sangat tua dan tidak mampu berpuasa mereka AlLoh memberi keringanan boleh tidak berpuasa tapi membayar fidyah yaitu memberikan makan 1 orang fakir miskin sebanyak hari yang di tinggalkannya. Misal ada orang yg sudah tua yang tidak sanggup berpuasa selama 10 hari maka dia wajib memberi makan orang miskin selama 10 hari.

Dan kalo miskah sedang dapat HAID maka misykah tidak boleh berpuasa. Tapi misykah harus catat berapa hari dapat HAID nya kemudian setelah bulan ramadhan kita harus membayar dengan puasa. Banyaknya puasanya tergantung berapa hari kita tidak berpuasa selama haid.

Di bulan ramadhan juga sebaiknya di perbanyak membaca al Qur’an. Karena pahala membaca al Qur’an di bulan ramadhan itu 10x lipat :)  subhanalLoh….

Oia, ini mei kirimkan juga software waktu sholat untuk membantu misykah mengingatkan waktu sholat 5 waktu. Nanti misykah instal ya di laptop. Dan waktunya miskah pilih yang tokyo/kyoto. Oke😀

Sekian dulu ya surat dari mei

Mei kangeeeeeen sama misykah

InsyaAlLoh kita bertemu di Indonesia…

Wassalamu’alaikum warrohmatulLohi wabarokatuh

-Mei Allif-

sakura1 sakura3

 

 

 

 

About mei allif

Assalamu'alaikum... perkenalkan... saya adalah saudarimu. saya bersyukur sebagai hamba Allah SWT, dan menjadikan ridhoNya adalah kebahagian saya. Syahid adalah cita-cita saya tertinggi. dan melihat Kemulian/kemenangan Islam kembali menjadi penyejuk pandangan mata ini. semoga dlm blog ini qt dapat semakin mengikat ukhuwah islamiyah, dan menambah keilmuan qt juga saling mengingatkan "wa tawasaubil haq, wa tawasaubil sobr"
This entry was posted in artikel islam. Bookmark the permalink.

5 Responses to EMAIL TUK CHIEKO (MISYKAH) dan saudari2ku yg baru masuk ISLAM dan belajar berpuasa ^_^

  1. ini fiksi atau non fiksi mb Mei? (bingung)😆

  2. mei allif says:

    ini kisah non fiksi kresna, alias nyata… he he… dia (chieko) pernah mb mei bawa ke lab tapi waktu itu kresna belum lahir wkqkqkq…. kapan2 dech kalo chieko main ke indonesia mb mei kenalin ama kresna. oke😀

  3. nurrahman says:

    lama tak berjunjung ke rumah mbak mei, ceritanya bagus…true story yah…sedikit memberikan pencerahan semangat siang ini😀

  4. udah dikenalin. oh itu ya yg namanya chieko. tapi kok di tulisan ini sepertinya ada yang janggal😕

  5. mei allif says:

    @ arif: iya dah lama arif gak nongol di blognya mb mei, arif katanya blognya mb mei mau di blogroll kok belum? btw kok blogrollnya mb mei error ya?
    @ kresna : iya itu yg namanya chieko… ada yg janggal kenapa kresna?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s