Muslimah CEMERLANG bernilai 10

tengok tulisanSiapa yang menyesal terlahir sebagai seorang wanita ayo ngaku? Di zaman seperti ini masih menyesal menjadi wanita kemudian bergaya tomboy biar keliatan sangar dan tangguh, aduh jangan dech mungkin kamu belum tahu aja betapa luar biasanya menjadi seorang wanita. Kalo zaman jahiliyah dulu punya anak perempuan emang malu2in, seperti menanggung aib yang luar biasa karena anak perempuan dianggap pembawa kesialan, kaum lemah dan tidak menguntungkan, sehingga pilihannya ketika itu hanya dua, membiarkan anak perempuannya hidup dan si bapak harus menanggung aib (malu) atau mengubur anak perempuan mereka hidup2 ketika masih kecil, astaghfirullohaladzim.

“Dan apabila seorang diantara mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, wajah mereka pun menghitam dan ia sangatlah marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan padanya. Apakah ia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburnya hidup-hidup ke dalam tanah? Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu.” (An-Nahl:58-59)

Kemudian islam datang mengubah tradisi kelam itu, dalam pandangan Islam semua manusia itu sama saja, baik laki2 maupun perempuan, keduanya adalah makhluk ciptaan Allah yang tiada berbeda kecuali tingkat keimanannya. Siapa yang lebih mencintai Allah dan RosulNya, maka dialah yang lebih dekat kedudukannya di sisi Allah SWT. Islam telah mengangkat derajat perempuan dengan mensejajarkannya dengan laki-laki di hadapan Allah SWT sama sebagai hamba, kemudian Islam membingkai para wanita agar semakin mulia dengan seperangkat syariat yang semakin membuat mereka terjaga dan tidak di lecehkan atau di kembalikan pada kehinaan.

Tetapi anehnya, pada saat ini banyak para perempuan yang kembali menjatuhkan dirinya kedalam kehinaan, baik itu mereka sadari atau tidak misalnya pada saat ini banyak perempuan yang tidak merasa risih ketika banyak mata menatapnya, puluhan mata itu tidak hanya menatap wajahnya, tetapi juga menatap rambutnya, tubuhnya, dan memperhatikan gerak lenggak lenggok dia berjalan, yang di perhatikan malah merasa senang, padahal dia tidak tau apa yang sedang difikirkan para mata yang menatap tadi, para perempuan itu tidak peduli menurutnya itu bukan urusan mereka. Ajang-ajang ratu kecantikan juga membuat para perempuan terhipnotis bahwa cantik adalah tinggi, ramping, berkulit putih, hidung mancung, dan standar-standar fisik lainnya. Sehingga tidak sedikit yang merogoh kocek lebih dalam untuk memoles dirinya agar terlihat cantik akhirnya bisnis kecantikanpun laris manis, dari salon kecantikan yang menawarkan spa, atau perawatan rambut dan tubuh, makanan atau minuman yang bisa membuat badan menjadi ideal, crem kulit yang bisa menyulap warna hitam menjadi putih, sampai tawaran operasi untuk memancungkan, menarik atau merubah bagian-bagian tubuh yang dirasa masih belum memuaskan. masyaAllah, padahal Allah SWT sudah menciptakan kita dengan sempurna dan yang terbaik untuk kita. Pandangan “wanita cantik” seperti tadi tidak lain bersumber dari masyarakat kapitalis Barat, sehingga kepribadian perempuan yang sempurna lebih banyak diukur dari sisi penampilan dan cara berbusana semau gue.

Rosululloh SAW pernah berpesan “dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita sholihah (HR.Muslim). Kita pasti tau dunia ini penuh dengan perhiasan, ada air sungai yang jernih, gunung yang menjulang tinggi, pepohonan yang sejuk, udara yang segar, dan kenikmatan-kenaikmatan fisik juga seperti makanan2 yang lezat, batu-batu permata yang berkilauan dan masih banyak lagi, tetapi itu semua kalah indahnya dengan seorang wanita sholihah yang ada di dunia. Nah, kita semua inginkan jadi wanita sholihah itu, wanita sholihah yang cemerlang bahkan bernilai sepuluh🙂. Trus gimana donk agar kita bisa menjadi wanita sholihah bernilai 10 ?

1.       Memiliki aqidah yang bersih dan kuat

Seorang muslimah cemerlang harus memiliki aqidah yang kuat dan bersih. Aqidah yang dia dapatkan dengan proses berfikir yang mendalam sehingga ia betul-betul yakin bahwa Allah SWT adalah satu2nya Tuhan dan tidak ada Tuhan selain Allah yang sebagai pencipta (al khaliq) dan juga sebagai pengatur (al mudabir). Kalo kita udah sampai yakin dan iman kepada Allah dan tidak menduakanNya, maka kita akan bisa menerima fitrah kita sebagai wanita, dan juga aturan-aturan (Syariat) Allah SWT yang mengatur kita para wanita, karena so pasti yang menciptakan lebih tahu yang terbaik untuk makhluk ciptaanNya.

2.       Mengikatkan perbuatannya dengan hukum2 Allah

Beriman dan yakin aja gak cukup sahabatku kalo dalam keseharian kita masih terserah gue. Kalo kita mengaku sebagai muslim/muslimah maka kita berusaha dengan sekuat tenaga untuk menselaraskan aktivitas kita dengan perintah dan larangan Allah SWT. Sebelum bertindak kita akan mencari tahu dulu apakah perbuatan kita ini di ridhoi Allah atau malah di murkaiNya. Memang banyak sich godaannya, apalagi di zaman yang sekuler ini (memisahkan agama dari kehidupan), kalo ada seorang muslimah yang gak mau pacaran aja dikatakan gak gaul, mau nutup aurat di bilang sok alim, but  don’t worry, keep fighting !!

3.       Tidak melalaikan PERINTAH ALLAH

Kebayangkan waktu kita sedang di jalan raya lampu pengatur lalu lintas mati, aduh jadi sembrawut dan berantakan semuanya semua pengendara masing-masing berebut jalan, semua ingin cepat sampai tujuan. Traffic light di pasang perempatan jalan tidak lain untuk mengatur para pengguna ajalan agar rapi dan selamat. Begitu juga aturan Allah yang mengatur hambaNya bukanlah untuk mempersulit bin menyusahkan kita, tetapi agar kita selamat hidup di dunia dan di akherat. Jadi jangan sampai dech kita pilih-pilih dalam menjalankan perintah-perintah Allah, semuanya harus kita laksanakan seperti sholat lima waktu, puasa ramadhan, berkata jujur, menutup aurat dan yang lainnya.

4.       Lemah lembut dan juga TEGAS

Seorang wanita nantinya akan dipersiapkan sebagai seorang ibu dan istri, maka dia haruslah memelihara sifat lemah lembut terhadap sesama. Janganlah seorang wanita berperangai kasar, dan mulutnya suka menyakiti saudaranya. Di balik kelemah lembutannya seorang wanita haruslah juga tegas, memegang teguh keyakinannya, berani mengatakan tidak terhadap godaan-godaan dunia berupa kemaksiatan.

5.       Menjaga pergaulan dan Kehormatan

Sebagai muslimah harus pandai menjaga pergaulan. Muslimah cemerlang tidak berduaan di tempat sepi dengan laki-laki asing (bukan mahram). Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

“Tidaklah seorang perempuan bersepi-sepi dengan seorang laki-laki kecuali setan menjadi yang ketiganya.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Al-Hakim). Dia juga pandai menjaga kehormatan dengan menutup aurotnya dengan kerudung dan jilbab yang anggun. Dia hiasi dirinya dengan akhlak mulia.

6.       Gemar Menuntut ILmu

Menuntut ilmu itu wajib bagi laki-laki maupun perempuan. Jangan sampai kita sebagai muslimah berfikir menuntut ilmu bagi muslimah tidak penting tinggi-tinggi. Ups … itu salah girls. Ilmu itu penting karena ia bagaikan lentera yang akan menerangi kita di tempat yang gelap. Apalagi ilmu agama, ini mah hokumnya wajib bin kudu bin harus di pelajari oleh setiap muslim dan muslimah karena besok kita di mintai pertangung jawaban Allah SWT masing-masing sobat..

7.       Up date dengan Kondisi terkini

Bukan Fashion dan status FB aja yang di up date, berita-berita terkini kita juga harus up date. Di mulai dari kondisi sekitar kita, kondisi Indonesia, bahkan kondisi Internasional yang jauh dari mata kita.  Jangan sampai kita bengong waktu ngisi BBM karena kita gak tau semalem BBM naik. So.. biar up date rajin-rajinlah menonton berita, membaca Koran, berdiskusi keislaman atau rutin ikut kajian yang senantiasa membahas persoalan umat Islam.

8.       Peduli tidak Egois

Masih inget istilah EGP (Emang Gue Pikirin). Jangan sampai dech EGP ini ada pada diri kita. Kehidupan individualis membentuk kita memiliki sifat-sifat egois dan cuek. Muslimah Cemerlang gak boleh cuek dengan kondisi sekitar. Misalnya jangan merasa nyaman dengan BBM yang naik lantaran kita anak orang mampu. Jadi saat ini katakanlah Emang, gue pikirin (alias kita peduli)… bukan “Emang Gue Pikirin!!!”

9.       Menjadi Ibu&istri HEBAT bagi keluarga

Muslimah cemerlang senantiasa mendidik anak-anaknya untuk taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, mengajarkan pada mereka aqidah yang benar, menanamkan pada hati mereka kecintaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan kecintaan pada Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, serta menjauhkan mereka dari kemaksiatan dan akhlaq yang tercela. Muslimah cemerlang senantiasa bersemangat untuk menjalankan ketaatan pada suaminya, bersikap lemah lembut terhadapnya, menyayanginya, dan mendorongnya kepada kebaikan, memberi nasehat kepadanya dan menjadikan sang suami bisa beristirahat. Dia tidak meninggikan suara terhadapnya dan tidak menyakiti dalam kata-kata. Menjadi kan rumah sebagai surga sementara di dunia, walaupun tidak rumah kita tidak besar tetapi menjamin segala ketenangan dan ketentraman di dalamnya. Menjadi tempat membina anak-anak, menjadi tempat bersenda gurau, menjadi tempat charger yang siap memompa semangat seisi rumah untuk bergerak dan berjuang kembali di luar rumah. Karena muslimah cemerlang tidak pernah lupa akan tugas utamanya sebagai ”ummu wa robatulbait” yaitu sebagai ibu dan manajer rumah tangga🙂.

10. Sebagai seorang da’iyah

Waah… jangan sampai salah faham wanita hanya di dalam rumah saja. Wanita juga boleh keluar rumah untuk melakukan aktivitas2 yang memang di perintahkan oleh Allah SWT salah satunya adalah berdakwah, menyampaikan islam di tengah-tengah umat. Karena perintah dakwah adalah untuk laki-laki dan juga perempuan. Lihatlah potret para shahabiyah yang tidak mau ketinggalan pahala dengan turut serta berdakwah demi kemuliaan Islam.

Saudariku, itu tadi 10 langkah agar kita bisa menjadi muslimah cemerlang yang bernilai 10. Semuanya bisa kita lakukan asalkan kita mau berusaha, dan surga menanti wanita2 cemerlang ini🙂.

[mei]

About mei allif

Assalamu'alaikum... perkenalkan... saya adalah saudarimu. saya bersyukur sebagai hamba Allah SWT, dan menjadikan ridhoNya adalah kebahagian saya. Syahid adalah cita-cita saya tertinggi. dan melihat Kemulian/kemenangan Islam kembali menjadi penyejuk pandangan mata ini. semoga dlm blog ini qt dapat semakin mengikat ukhuwah islamiyah, dan menambah keilmuan qt juga saling mengingatkan "wa tawasaubil haq, wa tawasaubil sobr"
This entry was posted in artikel islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s